Nama Sekolah :
SMK NU Kesesi
Bidang Keahlian :
Semua Bidang Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran :
Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi (Waktu) :
108 JP
Kelas :
X
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan,
menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual,
konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai dengan
bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja
yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi
dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Materi
Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
3.1
Menerapkan logika dan algoritma komputer
4.1
Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command)
|
3.1.1
Menjelaskan konsep logika dan algoritma
3.1.2
Menjelaskan lambing Flowchart
4.1.1
Menerapkan Algoritama dalam bentuk flowchart sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
4.1.2
Membuat tulisan rincian aktivitas dalam runtutan satuan kesatuan kegitan
berdasarkan terkait dengan kegiatan keseharian
|
● Konsep
logika dan algoritma
● Notasi
flowchart
|
6
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep logika dan
algoritma menggunakan Flowchart (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
● Mengumpulkan
data tentang fungsi dan fitur perangkat lunak animasi 3D (menumbuhkan mandiri
dan tanggung jawab)
● Mengolah
data tentang skenario algoritma permainan sesuai idenya dalam bentuk
Flowchart (Menumbuhkan ketelitian dan cermat)
● Mengomunikasikan
tentang algoritma permainan dan cara
penggunaan aplikasi animasi 3D yang dibuatnya (menumbuhkan tanggung jawab)
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.2
Menerapkan metode peta minda
4.2
Membuat peta-minda
|
3.2.1
Menjelaskan metode peta-minda.
3.2.2
Menguraikan ide menjadi konsep.
3.2.3
Menentukan alternatif solusi pemecahan masalah.
4.2.1
Mengoperasikan perangkat lunak peta-minda.
4.2.2
Membuat peta-minda dari hasil pengembangan ide berdasarkan alternatif solusi.
|
● Metode
peta-minta untuk penguraian masalah
● Perangkat
lunak Peta-Minda
|
3
|
● Merumuskan
masalah dengan cara mengobservasi pikiran menggunakan metode peta-minda
(Menumbuhkan rasa ingin tahu)
● Mengumpulkan
data berupa kata-kunci yang terkait ide (menumbuhkan mandiri dan tanggung
jawab)
● Mengolah
data dari kata-kata kunci yang didapat untuk dikategorikan berdasarkan
kesamaan sifat, ciri, cara kerja, atau jenis (Menumbuhkan ketelitian dan
cermat)
● Mempresentasikan
hasil peta-minda yang dibuat (menumbuhkan
tanggung jawab)
|
Pengetahuan:
● Wawancara
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
|
3.3
Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
4.3 Menyusun
kembali format dokumen pengolah kata
|
3.3.1
Menganalisis ciri-ciri paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan
persuasif.
3.3.2
Membandingkan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.
4.3.1
Memanipulasi dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
4.3.2
Membuat tulisan deskriptif.
4.3.3
Mengembangkan proposal menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
|
● Jenis
dan ciri paragraf
● Memformat
dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata
|
6
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi tentang ciri-ciri paragraf berdasarkan karakterisktik
melalui contoh tulisan (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
● Mengumpulkan
data tentang fungsi fitur pada perangkat lunak pengolah kata dengan cara
memformat tulisan yang belum diformat (menumbuhkan mandiri dan tanggung
jawab)
● Mengolah
data tentang fungsi fitur perangkat lunak pengolah kata dengan cara memformat
dokumen yang belum diformat (Menumbuhkan ketelitian dan cermat)
● Mengomunikasikan
tuisan deskriptif dalam bentuk proposal (menumbuhkan tanggung jawab)
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.4
Menerapkan logika, dan operasi perhitungan data
4.4
Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
|
3.4.1
Menjelaskan urutan kerja operator matematika.
3.4.2
Mengurutkan operator matematika sesuai hasil yang diharapkan.
3.4.3
Menentukan penggunaan fungsi logika IF, AND, OR, ELSE pada perhitungan
berkondisi.
3.4.3
Memanipulasi sel.
3.4.4
Menyalin nilai berdasarkan referensi nilai sel dan referensi alamat sel.
4.4.1
Menggunakan formula pada pemrosesan data.
4.4.2
Menampilkan data dalam bentuk grafis.
|
● Operasi
perhitungan matematika
● Perangkat
lunak pengolah angka
● Fungsi
logika pada perangkat lunak pengolah angka
● Referensi
berdasarkan sel
● Referensi
berdasarkan nilai
● Grafik
dan Diagram
|
9
|
● Mengumpulkan
data tentang operator matematika (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
● Mengolah
data menggunakan perangkat lunak pengolah angka (Menumbuhkan ketelitian dan
cermat)
● Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang fungsi logika di
formula pada perangkat lunak pengolah angka (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
● Mengomunikasikan
data hasil pengolahan dan disajikan dalam bentuk grafik atau diagram (menumbuhkan
tanggung jawab)
|
Pengetahuan:
● Tes
tertulis
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Portofolio
|
3.5
Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide
4.5
Membuat slide untuk presentasi
|
3.5.1
Menjelaskan jenis, fungsi, dan keuntungan penggunaan perangkat lunak
presentasi.
3.5.2
Menentukan fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak presentasi.
3.5.3
Menganalisis slide yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan.
4.5.1
Menggunakan fitur perangkat lunak presentasi.
4.5.2
Membuat slide presentasi yang dilengkapi dengan transisi dan animasi.
|
● Jenis
dan fungsi fitur perangkat lunak presentasi
● Teknik
merancang Slide
|
9
|
● Mengamati
untuk mengidentifikasi fungsi, jenis, dan keuntungan penggunaan perangkat
lunak presentasi (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
● Mengomunikasikan
cara penggunaan .perangkat lunak presentasi dalam bentuk diskusi peer
teaching dan kelompok (menumbuhkan tanggung jawab)
● Mengumpulkan
data teknik membuat slide, penyisipan objek, penambahan transisi, dan fitur
animasi pada slide (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
● Mengolah
data dalam bentuk tugas untuk dibuat menjadi slide sesuai perintah (Menumbuhkan
ketelitian dan cermat)
|
Pengetahuan:
● Wawancara
● Observasi
diskusi
Keterampilan:
● Unjuk
kerja
● Observasi
● Portofolio
|
>> DOWNLOAD SILABUS SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL 2019
No comments:
Post a Comment