SILABUS SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL

SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah             : SMK NU Kesesi
Bidang Keahlian           : Semua Bidang Keahlian
Kompetensi Keahlian     : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran             : Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi (Waktu)            : 108 JP
Kelas                         : X
KI-3 (Pengetahuan)      : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)      : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja
yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.





Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer



4.1 Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command)

3.1.1 Menjelaskan konsep logika dan algoritma
3.1.2 Menjelaskan lambing Flowchart

4.1.1 Menerapkan Algoritama dalam bentuk flowchart sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

4.1.2 Membuat tulisan rincian aktivitas dalam runtutan satuan kesatuan kegitan berdasarkan terkait dengan kegiatan keseharian
      Konsep logika dan algoritma
      Notasi flowchart

6
      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang konsep logika dan algoritma menggunakan Flowchart (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
      Mengumpulkan data tentang fungsi dan fitur perangkat lunak animasi 3D (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
      Mengolah data tentang skenario algoritma permainan sesuai idenya dalam bentuk Flowchart (Menumbuhkan ketelitian dan cermat)
      Mengomunikasikan tentang algoritma  permainan dan cara penggunaan aplikasi animasi 3D yang dibuatnya (menumbuhkan tanggung jawab)


Pengetahuan:
      Tes tertulis
Keterampilan:
      Unjuk kerja
      Portofolio
3.2 Menerapkan metode peta minda








4.2 Membuat peta-minda

3.2.1 Menjelaskan metode peta-minda.

3.2.2 Menguraikan ide menjadi konsep.


3.2.3 Menentukan alternatif solusi pemecahan masalah.

4.2.1 Mengoperasikan perangkat lunak peta-minda.

4.2.2 Membuat peta-minda dari hasil pengembangan ide berdasarkan alternatif solusi.
      Metode peta-minta untuk penguraian masalah
      Perangkat lunak Peta-Minda
3
      Merumuskan masalah dengan cara mengobservasi pikiran menggunakan metode peta-minda (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
      Mengumpulkan data berupa kata-kunci yang terkait ide (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)


      Mengolah data dari kata-kata kunci yang didapat untuk dikategorikan berdasarkan kesamaan sifat, ciri, cara kerja, atau jenis (Menumbuhkan ketelitian dan cermat)
      Mempresentasikan hasil peta-minda yang dibuat  (menumbuhkan tanggung jawab)
Pengetahuan:
      Wawancara
Keterampilan:
      Unjuk kerja
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.







4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.3.1 Menganalisis ciri-ciri paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.

3.3.2 Membandingkan paragraf deskriptif, argumentatif, naratif, dan persuasif.


4.3.1 Memanipulasi dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata.

4.3.2 Membuat tulisan deskriptif.

4.3.3 Mengembangkan proposal menggunakan perangkat lunak pengolah kata.

      Jenis dan ciri paragraf
      Memformat dokumen menggunakan perangkat lunak pengolah kata
6
      Mengamati untuk mengidentifikasi tentang ciri-ciri paragraf berdasarkan karakterisktik melalui contoh tulisan (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
      Mengumpulkan data tentang fungsi fitur pada perangkat lunak pengolah kata dengan cara memformat tulisan yang belum diformat (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
      Mengolah data tentang fungsi fitur perangkat lunak pengolah kata dengan cara memformat dokumen yang belum diformat (Menumbuhkan ketelitian dan cermat)
      Mengomunikasikan tuisan deskriptif dalam bentuk proposal (menumbuhkan tanggung jawab)
Pengetahuan:
      Tes tertulis
Keterampilan:
      Unjuk kerja
      Portofolio

3.4 Menerapkan logika, dan operasi perhitungan data















4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.4.1 Menjelaskan urutan kerja operator matematika.
3.4.2 Mengurutkan operator matematika sesuai hasil yang diharapkan.

3.4.3 Menentukan penggunaan fungsi logika IF, AND, OR, ELSE pada perhitungan berkondisi.

3.4.3 Memanipulasi sel.

3.4.4 Menyalin nilai berdasarkan referensi nilai sel dan referensi alamat sel.

4.4.1 Menggunakan formula pada pemrosesan data.

4.4.2 Menampilkan data dalam bentuk grafis.
      Operasi perhitungan  matematika
      Perangkat lunak pengolah angka
      Fungsi logika pada perangkat lunak pengolah angka
      Referensi berdasarkan sel
      Referensi berdasarkan nilai
      Grafik dan Diagram
9
      Mengumpulkan data tentang operator matematika (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
      Mengolah data menggunakan perangkat lunak pengolah angka (Menumbuhkan ketelitian dan cermat)
      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang fungsi logika di formula pada perangkat lunak pengolah angka (Menumbuhkan rasa ingin tahu)



      Mengomunikasikan data hasil pengolahan dan disajikan dalam bentuk grafik atau diagram (menumbuhkan tanggung jawab)
Pengetahuan:
      Tes tertulis
Keterampilan:
      Unjuk kerja
      Portofolio
3.5 Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide









4.5 Membuat slide untuk presentasi
3.5.1 Menjelaskan jenis, fungsi, dan keuntungan penggunaan perangkat lunak presentasi.

3.5.2 Menentukan fitur umum yang sering digunakan pada perangkat lunak presentasi.

3.5.3 Menganalisis slide yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan.

4.5.1 Menggunakan fitur perangkat lunak presentasi.

4.5.2 Membuat slide presentasi yang dilengkapi dengan transisi dan animasi.
      Jenis dan fungsi fitur perangkat lunak presentasi
      Teknik merancang Slide
9
      Mengamati untuk mengidentifikasi fungsi, jenis, dan keuntungan penggunaan perangkat lunak presentasi (Menumbuhkan rasa ingin tahu)
      Mengomunikasikan cara penggunaan .perangkat lunak presentasi dalam bentuk diskusi peer teaching dan kelompok (menumbuhkan tanggung jawab)
      Mengumpulkan data teknik membuat slide, penyisipan objek, penambahan transisi, dan fitur animasi pada slide (menumbuhkan mandiri dan tanggung jawab)
      Mengolah data dalam bentuk tugas untuk dibuat menjadi slide sesuai perintah (Menumbuhkan ketelitian dan cermat)
Pengetahuan:
      Wawancara
      Observasi diskusi
Keterampilan:
      Unjuk kerja
      Observasi
      Portofolio


>> DOWNLOAD SILABUS SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL 2019

No comments:

Post a Comment