RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK NU
Kesesi
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Kompetensi Keahlian : AKL, TBSM dan TKR
Kelas/Semester : X / II
Tahun Pelajaran : 2019 – 2020
Materi Pokok : Memahami konsep Kewargaan Digital (internet)
Alokasi Waktu : 6 JP@45 menit
(2x Pertemuan) situasional
A.
Kompetensi
inti
Kompetensi
Inti 3
(Pengetahuan)
|
Kompetensi Inti 4
(Keterampilan)
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital
(Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
Melaksanakan tugas spesifik
dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi
dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi
kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
|
3.8.1
Menjelaskan konsep
Kewargaan Digital.
3.8.2
Menjelaskan konsep
internet safety.
3.8.3
Menjelaskan jenis virus
komputer dan pencegahannya.
3.8.4
Menjelaskan simbol
Creative Commons.
|
4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital
|
4.8.1 Mengimplementasikan penggunaan internet
dengan aman.
4.8.2 Memilih dan
memilah informasi.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan
model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik
untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan
mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
Ø Memahami
konsep Kewargaan Digital dan konsep internet safety yang berkaitan dengan
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dipresentasikan dengan lisan dan
tulis.
Ø Menjelaskan
jenis virus komputer dan pencegahannya.
Ø Menjelaskan
simbol Creative Commons.
Ø Mengimplementasikan
penggunaan internet dengan aman.
Ø Memilih
dan memilah informasi.
dengan
rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran,
bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap
responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi
dan bekerjasama dengan baik.
D.
Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran
Reguler
a.
Fakta:
Ø Internet
blog dan Web
Ø Virus Maya
Ø Media
Sosial
b.
Konsep
Ø Kewargaan
Digital
Ø Intimidasi dunia maya (Cyberbullying) dan (Cyber Harassment)
Ø Internet
Positif
Ø Simbol
Creative Commons
c.
Prinsip
Ø isi teks
(intisari)
Ø Presentasi
menyesuaikan dengan kondisi
d.
Prosedur
Ø Menyajikan
modul presentasi atau catatan artikel terkait konsep kewargaan digital
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
Ø Mengonstruksikan
modul presentasi atau catatan artikel terkait konsep kewargaan digital dengan
memerhatikan perkembangan setiap peserta didik baik melalui penalaran, tes
tulis, maupun praktek.
2.
Materi
pembelajaran remedial
Ø Menganalisa
dan menyusun kembali materi terdahulu dengan memperhatikan perkembangan peserta
didik.
3.
Materi
pembelajaran pengayaan
Ø Menyajikan
dan memberikan penekanan pada kemampuan praktek berkaitan dengan konsep
kewargaan digital.
E.
Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan : Scientific Learning
§ Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
F.
Media/alat, Bahan,
dan Sumber Belajar
1.
Media/alat:
Ø LCD projector,
Ø Laptop.
2.
Sumber Belajar
Ø Buku teks pelajaran yang relevan
Ø Modul/bahan ajar,
Ø internet,
Ø Sumber lain yang relevan
G.
Langkah-langkahPembelajaran
Deskripsi
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap
disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai
(Literasi)).
Apersepsi
Motivasi
Ø Positif
Negatif Internet
Ø e-learning
Ø e-government
Ø etika
dunia maya
Ø Dll.
Yang mana akan sangat bermanfaat khususnya
dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Pemberian Acuan
|
15
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
105
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
H.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian
Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tertulis
-
Uraian/esai
2)
Tes Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman
siswa.
b.
Penilaian
Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber lain
tentang materi pokok
© Menyimak tayangan/demo tentang materi
pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial
dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian :
remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai
Kompetensi Dasar
v Guru
memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum
mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø Melengkapi
gagasan pokok dan gagasan penjelas
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan
dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
Ø Nilai dan
Kebahasaan Hikayat dengan Cerpen
Ø Menyusun teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan isi dan
kebahasaan
Mengetahui,
Kepala SMK
NU Kesesi
.............................
|
Kesesi,
Januari
2020
Guru
Mata Pelajaran,
.....................................
|
>> DOWNLOAD VERSI DOC LENGKAP DISINI(KLIK LEWATI DULU YA)
No comments:
Post a Comment