RPP SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan           : SMK NU Kesesi
Mata Pelajaran                 : Simulasi dan Komunikasi Digital
Kompetensi Keahlian      : AKL, TBSM dan TKR    
Kelas/Semester                : X / II
Tahun Pelajaran               : 2019 – 2020
Materi Pokok                 : Memahami konsep Kewargaan Digital (internet)
Alokasi Waktu                : 6 JP@45 menit (2x Pertemuan) situasional


A.    Kompetensi inti

Kompetensi Inti 3
(Pengetahuan)
Kompetensi Inti 4
(Keterampilan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.













B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.8  Memahami konsep Kewargaan Digital
3.8.1           Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
3.8.2           Menjelaskan konsep internet safety.
3.8.3           Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya.
3.8.4           Menjelaskan simbol Creative Commons.
4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital
4.8.1 Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.
4.8.2 Memilih dan memilah informasi.


C.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode mind mapping dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :
Ø Memahami konsep Kewargaan Digital dan konsep internet safety yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 
Ø Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya.
Ø Menjelaskan simbol Creative Commons.
Ø Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.
Ø Memilih dan memilah informasi.
dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Materi Pembelajaran Reguler

a.      Fakta:
Ø  Internet blog dan Web
Ø  Virus Maya
Ø  Media Sosial
b.      Konsep
Ø  Kewargaan Digital
Ø  Intimidasi dunia maya (Cyberbullying)  dan (Cyber Harassment)
Ø  Internet Positif
Ø  Simbol Creative Commons
c.       Prinsip
Ø  isi teks (intisari)
Ø  Presentasi menyesuaikan dengan kondisi
d.      Prosedur
Ø  Menyajikan modul presentasi atau catatan artikel terkait konsep kewargaan digital berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
Ø  Mengonstruksikan modul presentasi atau catatan artikel terkait konsep kewargaan digital dengan memerhatikan perkembangan setiap peserta didik baik melalui penalaran, tes tulis, maupun praktek.

2.      Materi pembelajaran remedial
Ø  Menganalisa dan menyusun kembali materi terdahulu dengan memperhatikan perkembangan peserta didik.



3.      Materi pembelajaran pengayaan
Ø  Menyajikan dan memberikan penekanan pada kemampuan praktek berkaitan dengan konsep kewargaan digital. 

E.     Metode Pembelajaran
§  Pendekatan                 :  Scientific Learning
§  Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/alat:
Ø  LCD projector,
Ø  Laptop.

2.      Sumber Belajar
Ø  Buku teks pelajaran yang relevan
Ø  Modul/bahan ajar,
Ø  internet,
Ø  Sumber lain yang relevan


G.    Langkah-langkahPembelajaran

Deskripsi
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi  (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini dikerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat memahami tentang:
Ø  Positif Negatif Internet
Ø  e-learning
Ø  e-government
Ø  etika dunia maya
Ø  Dll.
Yang mana akan sangat bermanfaat khususnya dalam kehidupan sosial bermasyarakat.
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung


Pemberian Acuan
  • Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyampaikan garis besar cakupan materi
  • Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
 pada topik :

ü  Konsep Kewargaan Digital
ü  Cyberbulliying dan Cyberharrasment
ü  Menggunakan internet dengan aman
ü  Simbol Creative Commons

dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/ tayangan/ilustrasi video  gambar/foto tentang :

ü  Konsep Kewargaan Digital
ü  Cyberbulliying dan Cyberharrasment
ü  Menggunakan internet dengan aman
ü  Simbol Creative Commons

v Menyimak, Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter)
Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran.

v Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),(Literasi)
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket/ buku elektronik atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ü  Menggunakan internet positif
ü  Pengaruh negatif
ü  Menyikapi Kemajuan Teknologi.
v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan :

ü  Konsep Kewargaan Digital
ü  Cyberbulliying dan Cyberharrasment
ü  Menggunakan internet dengan aman
ü  Simbol Creative Commons




Pertemuan Ke-2
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar  Berpikir kritis dan kreatif (4C) dengan sikap jujur , disiplin, serta tanggung jawab dan kerja sama yang tingi (Karakter)

Peserta didik diminta mendiskusikan hasil pengamatannya dan mencatat fakta-fakta yang ditemukan, serta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan yang ada pada buku paket/atau presentasi guru;

Pendidik memfasilitasi peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami berdasarkan hasil pengamatan dari buku paket yang didiskusikan bersama kelompoknya;

Mengajukan pertanyaan tentang :

a)      Apa yang kalian ketahui tentang Internet?
b)      Bagaimana mengantisipasi Isu Negatif Media Sosial?
c)      Etika warga digital yang wajib dipatuhi?
d)      Memilah dan Memilih informasi?

untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis.
Data
collection
(pengumpulan
data)
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi.
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi/artikel internet tentang materi yang disajikan pada kompetensi dasar kewargaan digital.
v  Mendiskusikan Berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan saling berkomunikasi dalam kelompok (4C), dengan  rasa ingin tahu dan pantang menyerah (Karakter)
Ø  Peserta didik diminta untuk membentuk kelompok diskusi yang terdiri dari 3-5 orang untuk mendiskusikan tentang Internet : Pengaruh Positif dan Negatif.
v  Mengulang dan Saling tukar informasi tentang   Pengaruh Positif dan Negatif dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya.
Data
processing
(pengolahan
Data)
Guru meminta agar peserta didik secara aktif terlibat dalam diskusi kelompok serta saling bantu untuk menyelesaikan masalah (Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi dan bekerjasama (4C),)
Selama peserta didik bekerja di dalam kelompok, pendidik memperhatikan dan mendorong semua peserta didik untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya dan bertanya (Nilai Karakter: rasa ingin tahu, jujur, tanggung jawab, percaya diri dan pantang menyerah) apabila ada yang belum dipahami, bila diperlukan pendidik memberikan bantuan secara klasikal.
Berdiskusi tentang data :
v  Etika warga digital yang wajib dipatuhi?
v  Memilah dan Memilih informasi?
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.  
Verification
(pembuktian)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori.

Kemudian Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan. Kemudian menyajikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
a)      Apa yang kalian ketahui tentang Internet?
b)      Warga digital itu apa?
c)      Belajar tanpa batas seperti apa?
d)      Bagaimana mengantisipasi Isu Negatif Media Sosial?
e)      Etika warga digital yang wajib dipatuhi?
f)       Memilah dan Memilih informasi?

Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang :

Ø  Peserta didik diizinkan bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
Ø  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
105
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan sementara berdasarkan hasil temuan tentang konsep pertidaksamaan rasional dan irasional, melalui reviu indikator yang hendak dicapai.
  • Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya
  • Memberi salam.

15
menit

H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
-          Uraian/esai
2)      Tes Lisan
©  Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek, pengamatan, wawancara’
©  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
©  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2)      Portofolio / unjuk kerja
3)      Produk,

2.      Instrumen Penilaian
a.      Pertemuan Pertama (Terlampir)
3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø  Melengkapi gagasan pokok dan gagasan penjelas

b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
Ø  Nilai dan Kebahasaan Hikayat dengan Cerpen
Ø  Menyusun teks laporan  hasil observasi dengan memperhatikan isi dan kebahasaan

Mengetahui,
Kepala SMK NU Kesesi




.............................

Kesesi,   Januari 2020
Guru Mata Pelajaran,




.....................................
                        H.Yaskur, S.Pd, M.Pd                                                   Ahsan Aminudin, S.Kom



>> DOWNLOAD VERSI DOC LENGKAP DISINI(KLIK LEWATI DULU YA)

No comments:

Post a Comment