RPP SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMK NU Kesesi
Mata Pelajaran                 : Simulasi dan Komunikasi Digital
Kompetensi Keahlian      : AKL, TBSM dan TKR
Kelas/Semester                : X / I
Tahun Pelajaran               : 2019 - 2020     
Materi Pokok                   : Logika dan Algoritma
Alokasi Waktu                : 6 JP @45 Menit (2x Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
1.    Kompetensi Inti       :
a.       Pengetahuan    : 
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
b.      Ketrampilan     : 
     Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
     Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
     Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

2.    Kompetensi Dasar       :
v  KD pada KI pengetahuan:
3.1. Menerapkan logika dan algoritma komputer
v  KD pada KI keterampilan:
4.1. Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command)
           
      
B.      Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.1.1. Menjelaskan Konsep logika dan algoritma computer
3.1.2. Menyusun flowchart contoh algoritma sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.1.1. Menerapkan Algoritma dalam bentuk flowchart sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
4.1.2. Membuat tulisan rincian aktivitas dalam runtutan satuan kesatuan kegitan berdasarkan terkait dengan kegiatan keseharian

C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

Ø  Memahami Konsep logika dan algoritma computer yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis. 
Ø  Menyusun flowchart contoh algoritma sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Menerapkan Algoritama dalam bentuk flowchart sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Membuat tulisan rincian aktivitas dalam runtutan satuan kesatuan kegitan berdasarkan terkait dengan kegiatan keseharian

dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.
à  Peduli
à  Jujur berkarya
à  Tanggung jawab
à  Toleran
à  Kerjasama
à  Proaktif
à  Kreatif


D.      Materi Pokok
(Materi Pembelajaran Reguler)

a.    Fakta:
1.      Logika dan Algoritma sebagai dasar membangun programmer computer
2.      Diagram alur dalam berorganisasi dan aktifitas sehari-hari (notasi flowchart)

b.   Konsep
3.      Konsep/teori dan pembahasan logika dan algoritma
4.      Teori/trik mengenal Fungsi-fungsi perintah (command)




c.    Prinsip
Ø Prinsip dasar belajar logika dan algoritma adalah Mengembangkan kreatifitas Siswa dihubungkan dengan pengetahuan umum serta menyesuaikan dengan abad 21.
d.   Prosedur
Ø Menyajikan modul presentasi atau catatan artikel berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
Ø Mengonstruksikan modul presentasi atau catatan artikel dengan memerhatikan perkembangan setiap peserta didik baik melalui penalaran, tes tulis, maupun praktek.

2.      Materi pembelajaran remedial
Ø Menganalisa dan menyusun kembali materi terdahulu dengan memperhatikan perkembangan peserta didik.

3.      Materi pembelajaran pengayaan
Ø Menyajikan dan memberikan penekanan pada kemampuan praktek berkaitan dengan konsep dan fungsi Logika dan Algoritma.  

E.      Pendekatan Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Scientific Learning
Model                   : Discovery Learning
Metode                 : Diskusi, tanya jawab, penugasan

F.       Media Pembelajaran
  1. Media              : Personal Computer (PC), Proyektor.

G.     Sumber Belajar:
  1. E-book Simulasi dan Komunikasi Digital
  2. Internet

H.     Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi  (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran, menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat:
Ø  Berfikir sistematis sehingga dapat Bekerja sesuai prosedur dan diterima di masyarakat, dunia kerja, dsb.
Ø  Memahami dasar-dasar program computer yang keuntungannya tidak hanya bagi diri sendiri tapi bagi sesama.
Ø  Programmer computer lebih menjanjikan untuk peluang diterima di instansi/lembaga/perusahaan.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan
  • Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menyampaikan garis besar cakupan materi
  • Menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan
  • Membagi peserta didik dalam Kelompok (kolaraboratif dalam diskusi)




15
Menit






10 menit






25 Menit
    Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian (Berpikir kritis dan bekerjasama (4C) dalam mengamati permasalahan (literasi membaca) dengan rasa ingin tahu, jujur dan pantang menyerah (Karakter). dengan cara :
a)    Menayangkan : gambar/foto tentang :

1.      Notasi flowchart
2.      Diagram alur
3.      Fungsi-fungsi perintah (command)

v Mendengar
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan :

1.      konsep logika dan algoritma
2.      Notasi flowchart
3.      Diagram alur
4.      Fungsi-fungsi perintah (command)

v Menyimak : Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran.

Mengajukan pertanyaan tentang :

a)      Pernah dengar Kata Logika? Algoritma?
b)      Bagaimana sebaiknya agar pelajaran ini “gampang” dicerna oleh kalian?







50
menit







Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan sementara berdasarkan hasil temuan tentang konsep pertidaksamaan rasional dan irasional, melalui reviu indikator yang hendak dicapai.
  • Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya maupun mempersiapkan diri menghadapi tes/ evaluasi akhir di pertemuan berikutnya
  • Memberi salam.

20
menit

I.        Penilaian Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
1)      Tes tertulis
2)      Kinerja
2.      Instrumen Penilaian
3.      Remedial dan Pengayaan




                                                                                
           



Mengetahui,
Kepala SMK NU Kesesi




.............................

Kesesi,   Juli 2019
Guru Mata Pelajaran,




.....................................
H.Yaskur, S.Pd, M.Pd                                                 Ahsan Aminudin, S.Kom









                                                    






No comments:

Post a Comment